Bila pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai screen dan penggunaannya, kini gantian kita akan membahas masalah rakel dan coater.

Coater terbuat dari aluminium sebagai tempat untuk mencampur larutan afdruk dan alat untuk melapisi screen dengan larutan afdruk. Kedua sisi pinggirnya memiliki ketebalan yang berbeda. Bibir coater yang tebal untuk menghasilkan lapisan yang tebal, sedangkan bibir coater tipis untuk menghasilkan lapisan yang tipis.

Sementara rakel terbuat dari karet dengan pegangan yang biasanya terbuat dari kayu. Fungsinya untuk menyapukan tinta pada screen sehingga tinta meresap pada pori-pori screen. Menurut bentuknya rakel dibedakan menjadi enam, yaitu :

1. Rakel Tumpul
Bentuknya datar dengan sudut dua yang tumpul. Rakel ini mampu menyapu tinta dalam jumlah yang cukup banyak sehingga baik digunakan untuk bahan kaos, handuk dan selimut

2. Rakel Bulat
Mempunyai ujung bulat dan mampu menyapu tinta dalam jumlah yang cukup banyak dan tebal. Biasa digunakan untuk menyablon tinta yang berwarna menyala dan kontras, misalnya warna rambu-rambu jalan.

3. Rakel Lancip
Rakel ini mempunyai dua sisi miring yang simetris dengan ujung yang lancip dan tampak tajam. Biasa digunakan untuk menghasilkan detail gambar, seperti menyablon foto orang dengan format raster.

4. Rakel Lancip dengan Ujung Datar
Seperti rakel lancip, hanya ujungnya datar, sehingga dapat menyalurkan tinta lebih banyak. Benda-benda yang biasa disablon untuk jenis rakel ini seperti keramik dan kain parasir.

5. Rakel Miring
Mempunyai satu permukaan miring dengan ujung lancip. Rakel jenis ini memindahkan tinta dalam jumlah sangat sedikit. Biasa digunakan untuk media plastic.

6. Rakel Kotak
Bentuknya datar dengan kedua sudut lancip. Biasa digunakan untuk media kertas dengan tekstur kasar.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

AVO. Powered by Blogger.
Welcome to My Blog

CONTACT

Blackberry Messenger
2A876DD9

Text Message
083820100234

Line
MRICKYN

E-Mail
avocloth@gmail.com


Workshop
Jl. Pagarsih, Gg. Onong No. 33, Bandung

Popular Post

- Copyright © SABLON MANUAL SATUAN & LUSINAN -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -